Rabu, 28 Mei 2008

Abang Tukang Bakso, Mari-mari sini...

"Mang, bakso bihun satu, ga pake bawang seledri, minta kuahnya yang banyak, sama sambel cabenya juga yang banyak, oia satu lagi, jangan pake lama ya...."


Kalimat itu seriiiiing banget saya lontarkan setiap kali saya beli bakso, bahkan untuk beberapa tukang bakso langganan, mereka udah otomatis tau bakso khas saya, yang penting tanpa bawang seledri dan pake sambel cabe yang banyak..hummmm yummy!!! slruuuppp pasti mantapp kaliii..hehehe....(nulisnya aja bikin ngiler, sumpah! ;-D~)


Entah sejak kapan saya menggila sama satu makanan yang terbuat dari bahan dasar daging sapi ini. Rasanya sejak SMP, saya sudah menggandrungi salah satu makanan favorite orang Indonesia ini. Saya ingat, dulu di SMP saya ada bakso favorite anak-anak SMP 2 Tasik, Bakso Telor Mas Dedi, hummm tiap bell istirahat bunyi, pasti kesana tujuan favorite saya dan teman-teman. Dengan harga 700 rupiah saat itu, saya sudah bisa menikmati seporsi bakso telor yang sumpah, nikmat banget....


Saat SMU pun ga banyak berubah, kebetulan sekolah saya, SMUN 1 Tasik, bersebelahan dengan salah satu Bakso Solo terkenal di Tasik, yaitu Bakso Solo Mas Wiji (hummm dari mulai kakak saya SMP, bakso ini udah tenar, mulai dari harga 600 seporsi sampai sekarang 7000 per porsi). Gimana saya ga tambah keranjingan makan bakso, secara kapan saja saya mau (asal uang jajan masih cukup;p), saya pasti langsung tancap gas ke sana, (lha wong, klo kata orang mah, tinggal ngesot, hahaha)...


Gak cuma bakso nya Mas Wiji yang jadi favorite saya, kebetulan tempat tinggal saya, kota Tasikmalaya, merupakan salah satu kota yang memiliki ragam bakso yang nikmat. Mulai dari Bakso Sariraos (dengan taburan ayam suwir diatasnya), Bakso Borju (dengan tambahan daging babat di dalamnya), Bakso SR (yang saat ini sudah ada cabangnya di Bandung dan beberapa kota lain), Bakso H.Oding (yang khas dengan sebutan 'bakso golosor'), Bakso Solo Mas Kiman (terkenal dengan daging cincang di dalamnya), Bakso Laksana (yang terkenal dari jaman doeloe di Tasik), Bakso Godeg (yang bukan hanya terkenal karena Godeg/Jambang mang yang jual, tapi rasanya juga sedappppp) dan masih banyak lagi bakso bakso sedap di Tasik yang menjadi tempat favorite saya untuk makan siang, makan sore, makan malam, bahkan sarapan klo perlu, hahaha, (berlebihan;p).


Menginjak bangku kuliah, saya sangat antusias ketika mengetahui saya lolos menjadi mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Negeri Sebelas Maret di Solo. Ya 'secara' kota Solo kan terkenal sebagai produsen bakso seantero Indonesia ini. Namun, tak di nyana, ternyata di kota Solonya sendiri, tak banyak penjual bakso (yang sama dengan yang dijual pedagang bakso Solo, di kota lain). Di Solo, hanya ada satu Penjual Bakso yang saya akui, lumayan menggugah selera, yaitu Bakso Alex (kebetulan bakso ini memang sangat terkenal di Kota Solo).


Namun ternyata "ekspedisi" saya di Solo untuk Hunting bakso enak, tidaklah lama, hanya satu tahun disana, dan saya pun kembali ke kota tempat saya tumbuh, Bandung! Ya, seperti "kita" tau (kita??? elo aja kali, gw ngga! hahahaha korban tipi), di Bandung mah jangankan Bakso, Cireng aja bisa sampe isi macem-macem iya ga? makanya saya sangat sangat antusias disini, bisa makan bakso enak kapan aja dan dimana aja.


For Your Informations aja ni, ada beberapa HOT SPOT BAKSO yang bisa saya rekomendasikan untuk disantap (maklum sebagai pencinta makanan yang panas dan pedas seperti Bakso ini, saya sudah merasakan berbagai macam bakso enak di Bandung;p), diantaranya adalah :


1. Bakso Akung (di Jl. Lodaya) ====> dijamin kualitasnya, cuma siap2 aja ngantrinya aja pake nomer, klo lagi gak hokki, bisa sampe nunggu 2 jam! tapi, beuuuhhh nampooolll abeess....;p


2. Bakso Joko Mantapp (di belakang BIP) ====> meskipun pake roda, tapi bakso ini laris manis bak kacang goreng, sorean dikit aja nyampe sana, dijamin udah ga dapet porsi lengkap, bahkan udah keabisan, emang sesuai namanya, mantapppppp bgt!!! dijamin!!!



3. Bakso ME "Mang Endin" (di Jatinangor, depan IPDN) ====> buat anak jatinangor pasti udah pernah merasakan kenikmatan bakso ME kan?? klo belom,,,uuuugghhhh rugi banget, makanya buruan kesana....


4. Bakso Solo #namanya lupa# (di Cicadas, deket Apotek Cibeunying) ====> sekedar referensi, batagor kuahnya disana juga mantapp lho...



5. Bakso Malang Karapitan (di Jl.Karapitan, BIP, Ciwalk, dll) =====> kayaknya udah banyak yang tau khan kualitas bakso ini ?? selain itu, pelayanan di BMK saya rasa cukup memuaskan pelanggan...(ini objektif lho,,,)



6. Bakso Madina (di Jl. Saluyu VII, Riung Bandung) =====> kebetulan deket rumah, tapi asli, ni bakso mantap banget, ada rudal telor dan rudal ati, kuahnya itu lho...duuhhh bikin nagih, asli ga boong, temen-temen saya aja yang dari Kopo, bela-belain bawa keluarganya makan bakso disini, klo penasaran, coba aja kapan-kapan sambil main ke daerah Bandung Timur ini ;)


7. Bakso Mas Parto (keliling Jatinangor, sekitar Kubus, Caringin, dsktrnya) ====> selain enak, bakso telor mas parto ini digemari karena murah, seporsi Bakso telor bisa didapat dengan hanya merogoh kocek 3000 saja...ga heran klo bakso mas parto selalu ditunggu sama anak-anak kosan daerah situ, hehehehe....



Sebetulnya masih buwaaanyaaak...janda janda tua di kolong jembatan sana (loh loh loh, knapa jadi ngelantur gini, hehehe, maaf ya pikiran saya udah gak karuan gara-gara ngebayangin makanbakso, hummmm yummy!!). Ya! sebetulnya masih buwaaaanyaaakkkkk bakso bakso lain yang tersebar, khususnya di daerah Bandung, tapi berhubung saya bukan agen tukang bakso dan kebetulan saya suka angka 7, jadi demikian, ada 7 referensi bakso yang saya suguhkan untuk anda.


Semoga bermanfaat, terutama bagi para pecinta bakso juga seperti saya. Siapa tau ada yang ingin tukar info mengenai Bakso yang Menggugah selera lainnya, silakan, saya menunggu ;))

4 komentar:

  1. ----
    4. Bakso Solo #namanya lupa# (di Cicadas, deket Apotek Cibeunying) ====> sekedar referensi, batagor kuahnya disana juga mantapp lho...
    ------------
    namanya Bakso Solo LOTUS kalo ga salah....
    ieu teh Yoan orang perum aksa kawalu sanes nya?

    BalasHapus
  2. hwee...imannn...sumuun, abdi teh neng yoan anu di perum aksa tea..

    sumuhun asanamah baso lotus..hehe, nuhun ah bantosana..hehe

    punya referensi baso enak lainnya man? hehehe

    BalasHapus

UrComment'sSpot...