Selasa, 11 November 2008

Sekedar Pengingat

Sebetulnya postingan ini saya buat untuk memotivasi diri saya sendiri, ya takutnya suatu saat saya lupa apa yang menjadi mimpi atau cita-cita saya, dan sebagaimana semangatnya saat ini saya ingin segera mewujudkannya.


MIMPI, apa itu mimpi? mimpi disini bukan disamakan dengan bunga tidur yang biasa kita alami saat kita terlelap di malam hari, MIMPI disini saya asumsikan sebagai CITA-CITA atau KEINGINAN.



Dari setiap seminar tentang bagaimana menjadi sukses, selalu dikatakan pentingnya sasaran, pentingnya goal, atau pentingnya impian. Tapi jarang sekali dijelaskan bahwa "Bagaimana cara memanfaatkan impian tadi untuk mencapai apa yang kita inginkan?"


Awal muasal saya begitu bersemangat untuk meraih MIMPI, saat saya menonton sebuah acara televisi yang bertajuk "golden way", mungkin ada beberapa dari pembaca yang suka menyaksikan sajian penambah motivasi tersebut (ya semenjak bekerja, saya keranjingan nonton acara tersebut, katanya sih agar bisa menyambut hari senin agar tetap semangat ;p ya meskipun tetap saja kadang kala kalimat 'i hate monday' berlaku untuk saya ;p).


Daripada kita terus menerus memikirkan impian, lebih baik kita berfikir mulai dari impian. Hari ini adalah milik orang - orang yang sekian ratus tahun yang lalu, atau sekian puluh tahun yang lalu, atau sekian tahun yang lalu, karena mereka berani bermimpi besar, dan terus berfikir mulai dari mimpinya dan menyusun rencana untuk mencapai apa yang dia impikan.


Dulu orang tidak bisa terbang, sekarang ada pesawat terbang. Dulu TV setebal 1 meter sekarang TV tebal nya 10 cm bahkan mungkin besok sudah ada TV yang bisa digulung. Nah semua ini awalnya dari impian. Caranya adalah kita tarik turun dari impian ke masa-masa sekarang: apa saja yang kita harus kerjakan untuk mencapai impian ini, sehingga Impian-Impian tadi bisa jadi sangat - sangatlah luar biasa.


Percaya atau tidak, saat ini dengan izin Allah, saya sudah mewujudkan mimpi saya saat 5 tahun lalu saya menginginkannya, nah saat ini saya pun berharap bahwa mimpi saya saat ini akan terwujud, perlahan namun pasti.


Nah, impian ini harus dimulai dari keinginan kita,untuk menjadi lebih baik dari hari ini. Ketika manusia tidak mau menjadi lebih baik lagi, dia akan kehilangan gairah dan hidupnya akan biasa - biasa saja. Jadi kita harus terus selalu mempunyai impian yang lebih baik, lebih baik dari apa yang sudah kita miliki hari ini. Dengan impian tadi, kita jadi lebih semangat, jadi lebih bergairah, jadi lebih maju, lebih berarti untuk orang banyak. Seperti yang dikatakan oleh Steven R Covey dalam bukunya 7 HABBITS: "Mulailah dari impian".


Namun sebetulnya mimpi yang ingin saya wujudkan sendiri sudah saya rencanakan dari mulai saya lulus kuliah tahun lalu. Ya, awalnya simple, saya ga terlalu se'totok' tokoh Fachri dalam Novel laris Ayat Ayat Cinta karya Kang Abik itu, yang telah merencanakan dan menuliskan semua mimpi-mimpinya,,saya sebetulnya baru 'terpaksa' menyebutkan mimpi saya, saat melakukan wawancara kerja disebuah perusahaan produsen consumer goods berinitial 'N', saat itu sang 'user' memberikan pertanyaan seperti ini, " what is ur life on 5-10 years later?"


hummffhhh, awalnya *siiingggggggg* blank, entah jawab apa, tapi begitu semua terkontrol, bibir ini dengan sangat lancar mendeskripsikan, HIDUP YANG SEPERTI APA YANG SAYA INGINKAN DALAM 5-10 TAHUN KEDEPAN.


Ya, 1 poin, 2 poin, bahkan saya ingat sampai hampir 10 poin saat itu saya jelaskan akan seperti apa hidup saya nanti.


Setelah selesai, barulah saya tersadar, "heyy darimana ide-ide itu jo? hebat sekali", ya, saya juga bahkan terheran-heran dengan apa yang baru saya sebutkan, begitu percaya dirinya saya,,, atau apa mungkin saya dituntun oleh alam bawah sadar saya yang selama ini memimpikan hal-hal besar tadi? Entahlah, yang pasti semenjak saat itu, saya berjanji pada diri saya sendiri untuk bisa mewujudkannya, semoga Allah meridhoi..amiinn,,,


nah, back to the topic, karena disini saya tidak akan membahas apa mimpi saya yang ingin saya wujudkan, yang pasti, disini saya ingin, sangat ingin menuliskan bahwa saat kita bermimpi, kita memiliki segalanya, minimial keinginan untuk memilikinya.


Ya, 7 tahun lalu saya baca quotes yang berbunyi "BERMIMPI DAN MEWUJUDKANNYA, BISA DILAKUKAN BERSAMAAN"


Awalnya saya tak faham sepenuhnya, namun seiring dengan berjalannya waktu, saya mengerti betul apa maksud kalimat bijak tersebut.


Mario teguh berkata, MIMPI itu adalah segalanya, saat kita memiliki MIMPI, kita harus mem'breakdownnya' menjadi beberapa bagian, yaitu :


- CITA - CITA

- RENCANA

- JADWAL YANG MEMILIKI TANGGAL


ya, memang sangat realistis, tentulah kita harus merumuskan proses perwujudan mimpi kita, akan apa langkah yang kita tempuh, akan bagaimana usaha yang akan kita lakukan agar semua BISA MENJADI NYATA.


Sebetulnya agak acak-acakan juga sih, tulisan saya tentang meraih mimpi ini, yang pasti saya merangkum beberapa hal agar kita bisa dengan cepat dan tepat mewujudkan mimpi kita ;) diantaranya :

Pertama, FIRST THINK FIRST! Lakukan hal yang harus kita lakukan saat ini! seorang sahabat berkata itu pada saya, saat saya bertanya, apa yang ia lakukan sampai bisa mewujudkan semua mimpinya saat ini. Ia juga mengatakan, janganlah mimpi kita menghalangi kita untuk tetap tinggal dalam kenyataan yang ada, bukannya bisa mewujudkan mimpi, malah kita hidup dalam angan selalu.


Kedua TAKLUKAN DULU APA YANG ADA DIDEPAN KITA SAAT INI, ya, karena setelah semua ada dibawah kendali kita, kita pun bisa merencanakan langkah riil untuk mimpi kita.


Ketiga KEJELASAN ADALAH KEKUATAN. Semakin jelas impian kita, semakin kita bisa berpikir dan kita merasakan. Kalo Anda ingin rumah yang mewah, datanglah ke rumah mewah itu, dan rasakan: "wah, rumah mewah seperti ini indah sekali". Anda berkunjung kesana dan Anda ingin punya rumah seperti ini. Semakin jelas, alam bawah sadar kita terbangkit dan kita akan mencapainya jauh lebih mudah daripada kalau impiannya belum jelas. Tapi ketika kita tidak bisa merasakan impian kita, itu lebih parah lagi. Jadi Kita harus membayangkan apa kita maunya terlebih dahulu. Dan kalau kita bisa membayangkan begitu jelasnya, dunia bisa menjadi milik kita:-)



Barulah setelah itu, kita memulai langkah awal untuk MEMBAYAR UANG MUKA MASA DEPAN KITA ;)


Maksudnya? Ya, mulailah kita membayar uang muka untuk masa depan kita, baik itu berupa cash atau immateril, ya contoh simplenya begini, Kita ga mau kan menikmati rumah luas, berlantai 5, sementara raga kita bahkan sudah tak kuat menaikki tangga? atau, Kita juga tidak mau kan naik Jaguar saat Badan kita sudah sangat lelah untuk jalan-jalan jauh? ya seperti itulah hikmah yang saya dapat dari berbagai pelajaran tentang BAGAIMANA MEWUJUDKAN IMPIAN ANDA...


Maka, BERMIMPILAH SETINGGI LANGIT KETUJUH, SEANDAINYA JATUH, MINIMAL KITA MERAIH BINTANG ;)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UrComment'sSpot...